tim e-sport Indonesia

Tim E-Sport Indonesia Paling Sukses dan Diakui Dunia

Setelah persaingan ketat di dalam negeri, kini ada banyak tim e-sport Indonesia mulai merambah ke berbagai pertandingan tingkat internasional. Tidak tanggung-tanggung, kesuksesan para gamers profesional ini bahkan telah diakui dunia.

Industri game kini memang sedang menunjukkan dampak positifnya lewat banyaknya turnamen di berbagai tingkat. Padahal sebelumnya, tim-tim ini hanyalah terbentuk dari komunitas kecil sebelum kepopulerannya naik dengan pesat beberapa tahun terakhir.

Atlet yang berada di dalamnya tidak hanya memiliki bakat, namun juga dedikasi untuk membela timnya hingga titik atas. Belum lagi pengelolaan yang tepat oleh pemiliknya dan pelatihan dilakukan dengan baik sehingga bisa terus maju dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Olahraga Agar Melahirkan Normal yang Mudah Dilakukan

Tim E-Sport Indonesia yang Sukses

tim e-sport Indonesia

Seharusnya kita cukup bangga karena ada cukup banyak tim e-sport di Indonesia yang telah sukses di kancah internasional. Berikut adalah tim-tim yang banyak memenangkan turnamen sehingga diakui oleh dunia.

1. ONIC Esport

ONIC baru terbentuk sejak tahun 2018 dan dapat dikatakan masih tergolong baru pada skema kompetitif yang ada di Indonesia. Meski begitu, ONIC telah terkenal hingga mancanegara setelah memenangkan berbagai kompetisi.

Pada skema kompetitif Asia, Skuad Mobile Legend ONOC bisa memenangkan MSC 2019 dan tidak pernah kalah sejak MPL Season 3. Sedangkan PUBG mobile ONIC menjadi wakil Indonesia di ajang SEA League dan SEA Championship meski belum mengalahkan Bigetron RA.

2. Bigetron RA

Bigetron RA merupakan tim e-sport Indonesia sukses selanjutnya yang telah masuk dalam skema kompetitif League of Legends. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan karena Edwin Chia sebagai pendiri Bigetron RA juga merupakan mantan pemain profesional LOL.

Setelah sukses dengan game League of Legends, Bigetron esport selanjutnya membuka divisi baru di Mobile Legends dan hadir pada MPL Season 1. Meskipun tidak mendapatkan kejuaraan, namun bisa menjadi saingan berat bagi tim-tim besar lainnya.

Tim e-sport Indonesia dengan game PUBG Mobile ini kini juga telah menjadi terkuat dan menjuarai pertandingan Tencent. Pada tahun 2020 saja, mereka bisa mendapatkan hingga 5 trofi.

3. RRQ

RRQ hadir sejak tahun 2017 oleh besutan Riki Kawano Suliawan dan juga Andrian Pauline yang telah mencetak prestasi selama tiga tahun. Tidak mengherankan jika RRQ menjadi salah satu tim terkuat yang tidak bisa diremehkan.

Tim RRQ memiliki beberapa divisi game mulai dari PUBG Mobile, Point Blank, dan Mobile Legends yang sangat tangguh. Bahkan sudah ada cukup banyak ajang internasional yang diikuti dan beberapa di antaranya mendapatkan kejuaraan.

4. EVOS Esport

EVOS sudah terbentuk sejak tahun 2016 dan menjadi tim e-sport Indonesia dengan segudang prestasi dalam skema kompetitif. Tim ini juga sudah mengikuti berbagai kompetisi baik nasional hingga internasional dan cukup banyak memenangkan kejuaraan.

Terdapat lima divisi dalam EVOS, setelah sebelumnya Dota 2 harus bubar pada September 2019. Meski begitu, pada tahun yang sama tersebut EVOS ternyata masih bisa memenangkan kejuaraan internasional dan membanggakan Indonesia.

5. Aerowolf

Aerowolf memang belum memiliki prestasi bagus, namun selalu konsisten mengikuti berbagai kompetisi e-sport di Indonesia. Ada cukup banyak divisi pada tim e-sport Indonesia ini, mulai dari Mobile Legends, CSGO, hingga Free Fire.

Aerowolf bahkan memiliki tiga tim tersendiri dalam game PUBG dan prestasi yang diraih sudah masuk dalam ranah international. Beberapa kompetisi yang diikuti seperti Asia Pacific Predator League 2019, PUBG Southeast Asia Champoinship 2019 – Phase 1, dan lainnya.

Industri game yang kini mulai dipertandingkan lewat berbagai turnamen pada akhirnya menunjukkan dampak positifnya. Bahkan ada banyak tim e-sport Indonesia sukses dalam kancah internasional dan mendapatkan banyak kejuaraan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.