fakta menarik e-sport

Fakta Menarik E-Sport, Olahraga Anak Muda Masa Kini

Sebagai salah satu olahraga di era teknologi, ada banyak fakta menarik e-sport yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Bahkan sekarang ini e-sport sudah masuk dalam salah satu cabang olahraga di Asean Games yang mulai ditandingkan.

Bermain game menjadi olahraga tentu bukan tanpa alasan. Hal ini karena definisi dari sport sendiri adalah semua kegiatan dengan aktivitas fisik baik dengan partisipasi kasual atau terorganisir dengan tujuan meningkatkan fisik dan mental untuk meraih prestasi.

E-sport sendiri menjadi salah satu kegiatan untuk meraih prestasi karena memang sudah ada pertandingannya. Lalu bagaimana dengan aktivitas fisik, jika pemainnya seperti tidak melakukan apa-apa kecuali duduk di depan layar? Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga : 6 Travel Hack Ala Selebriti yang Menarik untuk Diikuti

Fakta Menarik E-Sport sebagai Cabang Olahraga

fakta menarik e-sport

Mungkin ada banyak orang yang tidak tahu mengenai fakta menarik seputar e-sport menjadi salah satu aktivitas fisik melelahkan. Bahkan orang-orang yang terjun di dalamnya juga perlu melakukan hal-hal seperti atlit di cabang olahraga lainnya.

1. Skill Motorik

Ketika sedang bermain game, terutama jika menggunakan PC, skill motorik dari para pemain ini ternyata juga akan terasah. Hal ini membuat kemampuan gerak mereka jauh lebih cepat jika dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Rata-rata atlit e-sport bisa melakukan hingga 400 gerakan pada keyboard maupun mouse setiap menitnya. Bukan hanya itu saja, gerakan yang dilakukan juga asimetris atau berbeda antara kanan dan kiri pada saat bersamaan.

Dengan gerakan luar biasa itu, tidak mengherankan jika fakta menarik e-sport merupakan olahraga yang cukup melelahkan. Hal ini karena pada saat bermain game, otak juga akan bekerja dengan sangat keras.

2. Latihan Posisi Tubuh

Atlit e-sport dituntut untuk duduk di depan layar dengan waktu yang cukup lama. Tidak mengherankan jika sebagian dari mereka memiliki bentuk tubuh kurang sehat karena posisinya itu, padahal hal ini juga bisa mempengaruhi performa ketika bermain game.

Ini fakta menarik e-sport lainnya, yaitu para pemain juga harus melakukan latihan posisi tubuh, terutama pada bahu dan juga leher. Latihan ini dimaksudkan agar bentuk tubuh meenjadi lebih sehat dan tidak menganggu pertandingan.

3. Kontrol Gizi dan Nutrisi

Bukan hanya harus latihan posisi tubuh saja, para gamers yang ikut dalam pertandingan bergengsi seperti Asean Games juga harus menjaga gizi maupun nutrisi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka daya tahan tubuh juga bisa lebih terjaga.

Memperhatikan gizi dan nutrisi merupakan fakta menarik e-sport karena pemainnya harus latihan sehingga duduk di depan layar selama berjam-jam. Biasanya, pemenang pertandingan juga melakukan diet sehat seperti yang dilakukan olahragawan lainnya.

Tidak jarang juga mereka menggunakan ginseng sebagai nutrisi tambahan, fungsinya adalah untuk meningkatkan sirkulasi otak. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui manfaat tambahan nutrisi ini sehingga mereka tidak mengkonsumsinya.

4. Denyut Nadi

Hasil penelitian mengungkapkan fakta menarik e-sport lainnya, yaitu kegiatan ini lebih kompleks dari aktivitas lain. Misalnya saja pemain strategy game akan memiliki denyut nadi hingga 160-180 tiap menitnya setara dengan pelari maraton.

5. Batas Umur

Seperti sepakbola, pemain e-sport dalam pertandingan juga memiliki batasan umur. Jika pada kondisi fit, batasan umurnya sendiri adalah pertengahan 20-an. Hal ini karena di atas usia itu, refleks pemain akan mulai menurun sedang kompetitor muda memiliki performa terbaik.

Meski begitu, bukan berarti para gamers di pertandingan juga bisa memperpanjang karir. Misalnya saja Rene Pinkera yang merupakan atlit e-sport dunia yang bisa memperpanjang karir hingga lima tahun.

Di era teknologi yang semakin maju, bermain game juga menjadi salah satu olahraga serta masuk dalam pertandingan dunia. Selain itu ada cukup banyak fakta menarik e-sport yang tidak banyak orang ketahui terutama mengenai aktivitas fisiknya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.