IDN News

Berikut Adalah Olahraga Ringan di Kantor Agar Tetap Fit

Untuk yang super sibuk, ada banyak gerakan olahraga ringan di kantor yang bisa dilakukan. Hal ini membuat sibuk bukan lagi alasan untuk tidak sempat berolahraga. Meskipun hanya gerakan sederhana, namun gerakannya akan sangat bermanfaat.

Terutama bagi para pekerja yang mungkin sehari-harinya hanya duduk seharian sambil bekerja. Dengan melakukan gerakan sederhana, maka setidaknya akan membuat otot menjadi lebih rileks. Dan tentunya olahraga juga akan membantu untuk menjaga kondisi tubuh.

Baca Juga : Tim E-Sport Indonesia Paling Sukses dan Diakui Dunia

Gerakan Olahraga Ringan di Kantor

Duduk seharian di kantor dan larut dalam pekerjaan tentunya akan menimbulkan banyak hal negatif. Otot menjadi tegang, sakit pada area pergelangan tangan dan leher, sampai mata yang menjadi lelah.

Untuk menghindari hal tersebut, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan yang dilakukan di kantor. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal ini, seperti:

1. Berjalan Kaki

Ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari berjalan kaki. Ini merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk olahraga ringan di kantor. Kamu bisa melakukannya tiap beberapa menit sekali.

Jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa mencoba untuk berjalan kaki dan menaiki tangga jika hanya akan berpindah satu atau dua lantai. Atau aktivitas ini juga bisa dilakukan ketika pagi hari saat kamu baru sampai ke kantor.

2. Chair Squats

Jika pekerjaanmu tidak bisa jauh-jauh dari meja kerja, maka kamu bisa memanfaatkan kursi untuk melakukan olahraga ringan di kantor. Kamu bisa melakukan chair squats untuk hal ini.

Gerakannya juga cukup sederhana, hanya perlu duduk tegak di kursi lalu berdiri. Cobalah berdiri dengan tidak menggunakan bantuan tangan dan lakukan dalam kondisi bahu terbuka lebar. Lakukan gerakan ini beberapa kali dan rasakan manfaat yang akan didapatkan.

3. Gerakan Mengangkat Bahu

Untuk yang sering merasakan bahu terasa pegal karena terlalu banyak bekerja maka cara ini tentu akan sangat cocok untuk kamu lakukan. Caranya juga cukup sederhana dan bisa kamu lakukan dengan mudah.

Hanya tinggal duduk dalam posisi tegak lalu angkat bahu setinggi telinga. Lakukan gerakan ini sambil menarik napas dalam. Tahan beberapa saat lalu kembalikan ke posisi semula sambil membuang napas.

Kamu juga bisa melakukan cara ini sambil meregangkan otot leher. Lakukan langkah ini sampai bahu dan leher kamu merasa nyaman.

4. Wall Sits

Olahraga ringan di kantor lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah melakukan wall sits. Cara ini juga cukup mudah untuk kamu lakukan, kamu hanya perlu bersandar pada tembok kemudian gerakan tubuhmu ke bawah sampai posisi pinggul sejajar dengan lutut.

Gerakan ini nantinya akan membentuk posisi seolah-olah kamu sedang duduk. Lakukan gerakan ini secara berulang. Tujuan utama dari gerakan ini adalah untuk menguatkan otot kaki dan juga perut.

5. Berjinjit

Gerakan sederhana lainnya yang bisa kamu gunakan untuk olahraga di kantor adalah melakukan jinjit. Gerakan ini tentu sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu berdiri tegak lalu lakukan jinjit dengan menggunakan ujung kaki.

Jika kamu membutuhkan tumpuan, maka kamu bisa melakukannya dengan berpegangan pada ujung kursi. Lakukan gerakan ini beberapa kali, meskipun terlihat sederhana, namun gerakan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah.

Tidak perlu olahraga yang mahal untuk bisa sehat. Bahkan di sela kesibukan pun kamu tetap bisa melakukan olahraga dengan gerakan sederhana. Walaupun sederhana, jika ruin kamu lakukan maka manfaatnya akan banyak.

Selain membuat tubuh tetap fit dan bugar, melakukan gerakan sederhana ini juga bisa membuat otot menjadi rileks. Selain itu, gerakan olahraga ringan di kantor ini juga bisa mengurangi rasa sakit pada bagian bahu, leher, ataupun lengan.

Exit mobile version